Langsung ke konten utama

PENGANTAR GEOFISIKA

MAKALAH PENGANTAR GEOFISIKA
“PENGANTAR GEOFISIKA”


NAMA : IKA DESIANTI
NIM : 60400114011
KELAS : B

JURUSAN FISIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI
UIN ALAUDDIN MAKASSAR
SAMATA- GOWA

 

KATA PENGANTAR


Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan dan rahmat-Nya kami mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Geofisika
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Dan kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dari  teman – teman terdekat kami sehingga kendala-kendala yang  kami hadapi teratasi.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ‘Pengantar Geofisika ‘. Makalah ini di sajikan berdasarkan rangkuman dari hasil pengamatan yang bersumber dari berbagai informasi, referensi, buku tentang batuan dan mineral  (pengantar geofisika).
Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan yang lebih luas. Kami sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Kami mohon kiranya pembaca berkenang memberikan komentar yang bersifat membangun untuk makalah kami agar kami tidak melakukan kesalahan dalam pembuatan makalah ini nantinya. Terima kasih kami ucapkan......

Samata -Gowa,  28 Maret  2016
                                                                                     Penyusun
                                                                         
                                                                          IKA DESIANTI


BAB II
PEMBAHASAN
“PENGERTIAN GEOFISIKA”

A.    Pengertian Geofisika
Pengertian Geofisika adalah Ilmu yang mempelajari sifat-sifat fisis
bumi,seperti bentuk bumi,reaksi terhadap gaya,serta medan potensial bumi(medan
magnet dan gravitasi).geofisika juga menyelidiki interior bumi seperti
inti,mantel bumi,dan kulit bumi serta kandungan-kandungan alaminya.
Geofisika adalah bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer. Penelitian geofisika untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan di dalam bumi. Dari pengukuran ini dapat ditafsirkan bagaimana sifat-sifat dan kondisi di bawah permukaan bumi baik itu secara vertikal maupun horisontal.
 Dalam skala yang berbeda, metode geofisika dapat diterapkan secara global yaitu untuk menentukan struktur bumi, secara lokal yaitu untuk eksplorasi mineral dan pertambangan termasuk minyak bumi dan dalam skala kecil yaitu untuk aplikasi geoteknik (penentuan pondasi bangunan dll).
Geofisika berasal dari kata geo, yang artinya bumi, dan fisika. Dan akar keilmuannya sendiri, geo berasal dari kata geologi. Jadi, geofisika ialah ilmu yang menerapkan prinsip – prinsip fisika untuk mengetahui dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bumi, atau dapat pula diartikan mempelajari bumi menggunakan prinsip – prinsip fisika. Karena perkembangannya yang sangat cepat, batas yang jelas antara geologi, fisika , dan geofisika menjadi semakin kabur. Sebagaian orang mengganggap geofisika sebagian bagian dari geologi, sementara yang lain mengganggap geofisika sebagian dari geologi, sementara yang lain menganggapnya sebagai bagian dari ilmu fisika.


1.      Kimia adalah ilmu yang  mempelajari seluk-beluk materi
2.      Fisika adalah ilmu yang mempelajari semua proses atau gaya yang bekerja pada materi
3.      Geologi adalah ilmu yang mempelajari susunan bentuk, sejarah perkembangan bumi dan makhluk yang pernah hidup di dalam di atas bumi, serta proses – proses yang telah, sedang dan akan bekerja dibumi.
4.      Biologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai hal tentang organisme hidup.





Ayat yang berhubungan dengan pengantar geofisika bumi adalah
Surah ke- 50 QAF ayat ke -7
Artinya :  Dan kami hamparkan bumi itu dan kami letakkan padanya gunung – gunung yang kukuh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata.
Di samping keempat cabang ilmu dasar fisika. Selain itu terdapat ilmu yaitu astronomi. Ilmu ini mempelajari alam semesta di luar bumi, kadang – kadang juga dipandang sebagai cabang ilmu fisika. Selain itu, terdapat ilmu matematika yanitu ilmu yang mempelajari tentang angka.
Geofisika bumi padat (lazim disebut Geofisika) dalam pengertian yang terbatas dapat berarti aplikasi ilmu fisika terhadap bumi bagian dalam.
Sebagaimana ilmu fisika yang dapat dibagi menjadi beberapa disiplin ilmu yang lebih kecil (berhubungan dengan variasi kejadian fisikanya), maka Geofisika Bumi Padat juga dapat dibagi menjadi cabang-cabang ilmu yang lebih kecil, yaitu:
§  Seismologi (mempelajari gempa bumi dan fenomena fisika yang berhubungan dengannya)
§  Vulkanologi (juga adalah bagian dari Geologi, mempelajari gunung api, mata air panas, dsb)
§  Geomagnetisme (mempelajari medan magnet bumi, termasuk paleomagnetisme)
§  Geoelektrisitas (mempelajari sifat-sifat kelistrikan bumi)
§  Tektonofisika (penggunaan ilmu fisika untuk mempelajari proses tektonik)
§  Gravitasi (juga bagian dari Geodesi, mempelajari medan gravitasi dan interpretasinya)
§  Geotermal (mempelajari suhu bagian dalam bumi, termasuk eksplorasi panas bumi)
§  Geokosmologi (mempelajari asal-usul bumi)
§  Geokronologi (mempelajari kejadian bumi, termasuk menentukan umurnya)
Metode-metode geofisika
Secara umum, metode geofisika dibagi menjadi dua kategori yaitu metode
pasif dan aktif.
1.     Metode pasif dilakukan dengan mengukur medan alami yang dipancarkan oleh bumi. Metode pasif : merupakan metode yang dalam melakukan pengukuran memanfaatkan medan alami yang dipancarkan oleh bumi. Misalnya dengan meanfaatkan radiasi gelombang gempa bumi, medan gravitasi bumi, medan magnetik bumi, medan listrik dan elektromagnetik bumi serta radiasi radioaktivitas bumi.

2.       Metode aktif dilakukan dengan membuat medan gangguan kemudian mengukur respons yang dilakukan oleh bumi. Metode aktif : merupakan metode yang pengukurannya memanfaatkan gelombang buatan gangguan yang dikirimkan ke Bumi lalu mencatat respon yang diberikan oleh Bumi. Misalnya dengan memanfaatkan ledakan dinamit, pemberian arus listrik ke dalam tanah, pengiriman sinyal radar dan lain sebagainya.
Medan alami yang dimaksud disini misalnya radiasi gelombang gempa bumi, medan gravitasi bumi, medan magnetik bumi, medan listrik dan elektromagnetik bumi serta radiasi radioaktifitas bumi. Medan buatan dapat berupa ledakan dinamit, pemberian arus listrik ke dalam tanah, pengiriman sinyal radar dan lain sebagainya.
Secara umum, metode geofisika dibagi menjadi dua kategori yaitu metode pasif dan aktif. Metode pasif dilakukan dengan mengukur medan alami yang dipancarkan oleh bumi. Metode aktif dilakukan dengan membuat medan gangguan kemudian mengukur respons yang dilakukan oleh bumi. Medan alami yang dimaksud disini misalnya radiasi gelombang gempa bumi, medan gravitasi bumi, medan magnetik bumi, medan listrik dan elektromagnetik bumi serta radiasi radioaktivitas bumi. Medan buatan dapat berupa ledakan dinamit, pemberian arus listrik ke dalam tanah, pengiriman sinyal radar dan lain sebagainya.
Secara praktis, metode yang umum digunakan di dalam geofisika tampak seperti tabel di bawah ini:


Metode
Parameter yang diukur
Sifat-sifat fisika yang terlibat
Waktu tiba gelombang seismik pantul atau bias, amplitudo dan frekuensi gelombang seismik
Densitas dan modulus elastisitas yang menentukan kecepatan rambat gelombang seismik
Variasi harga percepatan gravitasi bumi pada posisi yang berbeda
Densitas
Magnetik
Variasi harga intensitas medan magnetik pada posisi yang berbeda
Suseptibilitas atau remanen magnetik
Resistivitas
Harga resistansi dari bumi
Konduktivitas listrik
Polarisasi terinduksi
Tegangan polarisasi atau resistivitas batuan sebagai fungsi dari frekuensi
Kapasitansi listrik
Potensial diri
Potensial listrik
Konduktivitas listrik
Elektromagnetik
Respon terhadap radiasi elektromagnetik
Konduktivitas atau Induktansi listrik
Radar
Waktu tiba perambatan gelombang radar

EKSPLORASI GEOFISIKA
Metoda geofisika merupakan salah satu metoda yang umum digunakan dalam eksplorasi endapan bahan galian. Metoda ini tergolong kepada metoda tidak langsung, dan sering digunakan pada tahapan eksplorasi pendahuluan (reconnaissance), mendahului kegiatan-kegiatan eksplorasi intensif lainnya.
 Adapun tahapan-tahapan pekerjaan yang umum digunakan dalam metoda geofisika adalah :
   1. Survei pendahuluan (penentuan lintasan)
   2. Pemancangan (penandataan titik-titik ukur) dalam areal target
   3. Pengukuran lapangan
   4. Pembuatan peta-peta geofisika
   5. Penarikan garis-garis isoanomali
   6. Penggambaran profile
   7. Interpretasi anomali








DAFTAR PUSTAKA

Noor, Djauhari, 2005. Geologi Lingkungan. Yogyakarta : Graha Ilmu
https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia (Pengantar Teknik Geofisika - Djoko Santoso-libre - Documents.html )
www.google.com (Geofisika_ GEOFISIKA.html)

 
 
 
 
 
 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

metode geomagnetik

MAKALAH PENGANTAR GEOFISIKA “ METODE GEOMAGNETIK” NAMA : IKA DESIANTI NIM : 604001140 1 1 KELAS : B JURUSAN FISIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR SAMATA- GOWA   KATA PENGANTAR Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan dan rahmat-Nya kami mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Geofisika Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Dan kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dari  teman – teman terdekat kami sehingga kendala-kendala yang  kami hadapi teratasi. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ‘ metode geomagnetik ‘ . Makalah ini di sajikan berdasarkan rangkuman dar

geofisika eksplorasi

MAKALAH PENGANTAR GEOFISIKA “GEOFISIKA EKSPLORASI ” NAMA : IKA DESIANTI NIM : 604001140 1 1 KELAS : B JURUSAN FISIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI U NIVERSITAS I SLAM N EGERI ALAUDDIN MAKASSAR KATA PENGANTAR Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan dan rahmat-Nya kami mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Geofisika Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Dan kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dari  teman – teman terdekat kami sehingga kendala-kendala yang  kami hadapi teratasi. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ‘ GEOFISIKA EKSPLORASI ‘ . Makalah ini di sajikan berda

metode-metode geofisika

MAKALAH PENGANTAR GEOFISIKA “ METODE-METODE GEOFISIKA” NAMA : IKA DESIANTI NIM : 604001140 1 1 KELAS : B JURUSAN FISIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR SAMATA- GOWA KATA PENGANTAR Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan dan rahmat-Nya kami mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Geofisika Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Dan kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dari  teman – teman terdekat kami sehingga kendala-kendala yang  kami hadapi teratasi. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ‘ metode-metode geofisika ‘ . Makalah ini di sajikan berdasarkan rangkuma