Langsung ke konten utama

metode seismik


MAKALAH PENGANTAR GEOFISIKA
“SEISMOLOGI”



NAMA : IKA DESIANTI
NIM : 60400114011
KELAS : B

JURUSAN FISIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

 

KATA PENGANTAR


Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan dan rahmat-Nya kami mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Geofisika
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Dan kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dari  teman – teman terdekat kami sehingga kendala-kendala yang  kami hadapi teratasi.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ‘SEISMOLOGI‘. Makalah ini di sajikan berdasarkan rangkuman dari hasil pengamatan yang bersumber dari berbagai informasi, referensi, buku tentang batuan dan mineral  (pengantar geofisika).


Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan yang lebih luas. Kami sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Kami mohon kiranya pembaca berkenang memberikan komentar yang bersifat membangun untuk makalah kami agar kami tidak melakukan kesalahan dalam pembuatan makalah ini nantinya. Terima kasih kami ucapkan......

Samata -Gowa, JUNI  2016
                                                                                                                     Penyusun
                                                                         
                                                                                                   IKA DESIANTI


GEMPA SEISMOLOGI
1.      PENGERTIAN SEISMOLOGI
Ilmu yang mempelajari tentang gempa disebut dengan seismologi. Seismologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu seismos yang berarti getaran atau goncangan dan logos yang berarti risalah atau ilmu pengetahuan. Orang Yunani menyebut gempa bumi dengan kata-kata seismos tes ges yang berarti Bumi bergoncang atau bergetar. Ilmu ini mengkaji tentangapa yang terjadi pada permukaan bumi disaat gempa, bagaimana energi goncangan merambatdari dalam perut bumi ke permukaan, dan bagaimana energi ini dapat menimbulkan kerusakan,serta proses tumbukan antar lempeng pada sesar bumi yang menyebabakan terjadinya gempa.Dengan demikian, secara sederhana seismologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajarifenomena getaran pada bumi, atau dengan kata sederhana, ilmu mengenai gempa bumi.Seismologi merupakan bagian dari ilmu geofisika.
2.      PERKEMBANGAN SEISMOLOGI
Seismologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gempa bumi dan struktur dalam bumidengan menggunakan gelombang seismik yang dapat di timbulkan dari gempa bumi atau sumberlain. Pada hakikatnya seismologi lahir sejak manusia tertarik untuk mengkaji fenomena alamyang berupa gempa bumi. Dari rasa ketertarikan ini mereka berusaha untuk mengungkap tentangmengapa, bagaiman, maupun untuk apa gempa bumi itu terjadi. Seirang dengan tinggak peradaban ilmu, muncul kajian-kajian khusus tentang gempa bumi, seperti mekanisme terjadinyagempa bumi, dampak yang di timbulkan gempa bumi, perancangan alat perekam gempa bumi,diskripsi teoristik melaluai pemodelan, maupun pemanfaatan informasi yang di indikasikan olehgempa bumi. Seismologi telah berkembang tidak hanya mempelajari tentang gempa bumisemata, tetapi mengkaji tentang gelombang-gelombang yang di bangkitkan oleh gempa bumiatau gempa buatan da n juga kajian tentang perameter-parameter yang dapat disimpulkan dari pelajaran gelombang-gelombang tersebut

Berdasrakan posisi sumber gempa terhadap lokasi seismograf, secara umum gempa bumidiklarifikasikan, menjadi dua katagori yaitu:
a.       Gempa bumi dekat atau lokal
Gempa lokal adalah gempa dengan jarak episenternya terhadap stasiun pencatat tidakmelebihi dari beberapa ratus kilometer, sehingga kkelengkungan bumi dapat diabaikan, gempalokal di manfaatkan untuk mengetahui struktur permukaan bumi termaksut di dalamnya adalahgempa buatan yabg dilakukan terhadap seismik eksplorasi
b.      Gempa bumi jauh atau teleseimik
Telesesmik adalah gempa dengan jarak episenternya terhadap stasiun pencatat lebih dari1000 kilometer katagori gempa ini memberikan peranan penting dalam penentuan struktur bagian dalam bumi, seperti yang di bahas dalam paper ini.
3.      BEBERAPA ISTILAH DALAM SEISMOLOGI.
Ada beberapa istilah yang seting di gunakan dalam pembahasan seismologi, diantaranya: Hiposenter adalah puast gempa di dalam bumi yang biasa juga disebut titik fokus gempa. Episenter adalah proyeksi hiposentar kebidang permukaan bumi.Origintime Atau waktuasal adalah waktu saat terjadadinya hiposenter. Travel time atau waktu tempuh adaah waktu yang dibutuhkan oleh gelombanng gempauntuk menjalar dari hiposenter ke waktu pencatat trevel time di tentukan dari waktu tiba (arival time) gelombang seismograf di kurangi denganoriginal time. Seismometer adalah alat yang digunakan untuk merespon getaran tanah akibat gempa bumi. Seismograf  adalah  gabungan  antara  seismometer  dan  alat  pereka. Seismogram   asilrekaman  seismograf.
4.      PEMBANGKIT GELOMBANG SEISMOLOGI
Gelombang seismik pada dasarnya merupan gelombang elastik yang menjalar melaluimedia bumi. Pembangkitan gelombnag seismik dapat di lakukan dengan dua metode, yaitu:Metode aktif. Metode aktif biasanya digunakan pada seismik eksplorasi, yaitu dengan peledakandinamik, pemukulan dengan palu dan sebagainya.Metode pasif. Metode pasif memanfaatkan gejala-gejala alam yang sudahada, seperti gempa bumi, baik yang diakibatkan letusan gunung berapia maupun gempa tektonik  Pada saat terjadinya gempa bumi sejumlah energi dilepaskan dari sumber gempa atautitik fokus. Energi ini akan di pancarkan kesegala arah melalui usikan yang menjalar ke seluruh bagian bumi dalam medium elastik.
5.      GEMPA BUMI.
Gempa bumi adalah getaran yang terjadi permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkanoleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untukmenunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat,selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itusudah terlalu besar untuk dapat ditahan.Gempa bumi terjadi setiap hari di bumi, namun kebanyakan kecil dan tidak menyebabkankerusakan apa-apa. Gempa bumi kecil juga dapat mengiringi gempa bumi besar, dan dapatterjadi sesudah, sebelum, atau selepas gempa bumi besar tersebut.Gempa bumi diukur dengan menggunakan alat yang dinamakan Pengukur Richter.Gempa bumi dibagi ke dalam skala dari satu hingga sembilan berdasarkan ukurannya (skalaRichter). Gempa bumi juga dapat diukur dengan menggunakan ukuran Skala Mercalli.
6.      PENYEBAB TERJADINYA GEMPA.
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekananyang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar danakhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itu lah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi biasanya terjadi di  perbatasan  lempengan  lempengan  tersebut.  Gempa  bumi  yang  paling  parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase padakedalaman lebih dari 600 km. Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakanmagma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinyaletusan gunung berapi. Beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena menumpuknyamassa air yang sangat besar di balik dam, seperti Dam Karibia di Zambia, Afrika. Sebagian lagi(jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau ekstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal. Terakhir,gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. Hal ini dapat membuat para ilmuwanmemonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Gempa bumi yang disebabkanoleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi.
7.      JENIS JENIS GEMPA.
Sebenarnya gempa yang terjadi setiap hari namun tidak terasa oleh manusia , hanya lalatseismograf saja yang bias mencatatnya dan tidak semua gempa dapat mengakibatkan kerusakan.Ada beberapa macam penyebab terjadinya gempa antara lain:
a)      Keruntuhan dalam guaakibat terjadinya tanah runtuh dalam gua (di dalam tanah)Makaterjadi getaran di permukaan tanah di sekitar gua tersebut. Gempa runtuhan atau terbanmerupakan gempa bumi yang terjadi akibat runtuhan tanah atau batuan.
b)      Tumbukan antara meteor dan permukaan bumi, pada saat meteor yamg jatuh ke bumimaka terjadilah tumbukan yang sangat keras antara meteor dan peermukaan tanah sehingga tanahdisekitar meteor itu bergerak
c)      Peristiwa vulkanismeyaitu kegiatan gunung api yang meletus. Pada waktu terjadinyagetaran-getaran tanah disekitar gunung api.
d)     Peritiwa tektonik.Yaitu gerakan lempeng / kerak bumi. Seperti di ketahui bahwa kullit bumi. Focus gempa sering juga disebut hyposenter. Kedalaman dari focus ini sangatmenentukan pengaruh getaran trehadap suatu lokasi. Berdasarkan kedalalam focus gempa ini,maka gempa dapat digolongkan menjadi:Gempa dangkal yaitu gempa dengan focus 0-70 km.Gempa menengah yaitu gempa gengan fkus 70-300 km.Gempa dalam yaitu gempa dengan focus 300-700 km.Gempa dengan focus dangkal mengakibatkan kerusakan lebih parah disbanding denganmenengah dan dalam. Sekitar 2/3 energi gempa yang di lepaskan di seluruh dunia bersumberdari gempa focus dangkal.
8.      GELOMBANG GEMPA
Pada dasarnya ada dua jenis gelombang yang dilepas pada saat terjadi gempa, yaituGelombang Badan (Body Waves) dan Gelombang Permukaan (Surface Wave). Gelombangbadan ada dua jenis, yaitu Gelombang P (Primer ) dan Gelombang S (Secunder ). Gelombang permukaan ada dua jenis, yaitu Gelombang R (Rayleigh) dan Gelombang L ( Love).Gelombang P merambat pada arah longitudinal, dengan cara memampat danmengembang searah dengan arah rambatan. Kecepatan perambatan gelombang P antara 1,4sampai dengan 6,4 km/detik. Gelombang S merambat pada arah transversal. Perambatan dariGelombang S ini disertai juga dengan gerakan berputar sehingga dapat lebih membahayakan di bandingkan Gelombang P. Kecepatan perambatan Gelombang  sekitar 2/3 kali kecepatanGelombang P. Karena perbedaan kecepatan rambat dari kedua gelombang ini, maka dari hasilrekamanGempa, dapat diperkirakan jarak sumber gempanya berdasarkan selisih waktu tibaantara kedua gelombang tersebut pada alat seismograf. Gelombang R dan Gelombang L hanyamerambat di permukaan tanah saja. Gelombang R arah gerakannya pada bidang vertikal,sedangkan Gelombang L bergerak transversal pada bidang horisontal. Adapun jenis jenis gempaantara lain:
1)      Gelombang Primer.
Gelombang Primer adalah gelombang gempa yang tercepat. Gelombang P ini dapatmerambat melalui media padat dan cair, seperti lapisan batuan, air atau lapisan cair bumi. Padasaat merambat, gelombang ini akan menekan media batuan yang dilewatinya. Mekanisme perambatan Gelombang P yang menekan lapisan batuan, identik dengan mekanisme terjadinyagetaran pada jendela kaca saat terjadi suar*a petir yang keras. Jendela bergetar karena adanyatekanan dari gelombang suara pada kaca jendela. Pada saat terjadi gempa, pengaruh dariGelombang P dapat dirasakan berupa getaran.
2)      Gelombang Skunder
Jenis kedua dari Gelombang Badan adalah Gelombang S, yang merupakan gelombangkedua yang dapat dirasakan pada saat gempa. Gelombang S lebih lambat dari pada GelombangP, dan hanya dapat merambat melalui batuan padat. Arah gerakan dari gelombang ini naik-turunatau bergerak menyamping.
3)      Gelombang permukaan
                        Jenis pertama dari Gelombang Permukaan disebut Gelombang L. Gelombang ini diberinama sesuai dengan nama penemunya yaitu A.E.H. Love seorang ahli matematika dari Inggrisyang mengerjakan model matematika untuk jenis gelombang ini di pada 1911. Gelombang iniadalah yang tercepat dan menggerakkan tanah dari samping ke samping.
4)      Gelombang permukaan lainya
Jenis Gelombang Permukaan lainnya adalah Gelombang R. Keberadaan dari gelombangini diperkirakan secara matematika oleh W.S. Rayleigh pada 1885. Pada saat merambat,Gelombang R akan menggulung media yang dilewatinya, dimana gerakan dari gelombang inimirip dengan gerakan gelombang air di laut. Karena gerakan yang menggulung ini, maka lapisantanah atau batuan akan naik dan turun, dan akan ikut bergerak searah dengan gerakangelombang. Kebanyakan goncangan dari gempa berhubungan erat dengan Gelombang R ini.Pengaruh kerusakan yang diakibatkan oleh Gelombang R dapat lebih besar dibandingkangelombang-gelombang gempa lainnya.




















DAFTAR PUSTAKA


https://www.academia.edu/7438426/GEMPA_SEISMOLOGI

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

metode geomagnetik

MAKALAH PENGANTAR GEOFISIKA “ METODE GEOMAGNETIK” NAMA : IKA DESIANTI NIM : 604001140 1 1 KELAS : B JURUSAN FISIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR SAMATA- GOWA   KATA PENGANTAR Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan dan rahmat-Nya kami mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Geofisika Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Dan kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dari  teman – teman terdekat kami sehingga kendala-kendala yang  kami hadapi teratasi. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ‘ metode geomagnetik ‘ . Makalah ini di sajikan berdasarkan rangkuman dar

geofisika eksplorasi

MAKALAH PENGANTAR GEOFISIKA “GEOFISIKA EKSPLORASI ” NAMA : IKA DESIANTI NIM : 604001140 1 1 KELAS : B JURUSAN FISIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI U NIVERSITAS I SLAM N EGERI ALAUDDIN MAKASSAR KATA PENGANTAR Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan dan rahmat-Nya kami mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Geofisika Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Dan kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dari  teman – teman terdekat kami sehingga kendala-kendala yang  kami hadapi teratasi. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ‘ GEOFISIKA EKSPLORASI ‘ . Makalah ini di sajikan berda

metode-metode geofisika

MAKALAH PENGANTAR GEOFISIKA “ METODE-METODE GEOFISIKA” NAMA : IKA DESIANTI NIM : 604001140 1 1 KELAS : B JURUSAN FISIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR SAMATA- GOWA KATA PENGANTAR Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan dan rahmat-Nya kami mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Geofisika Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Dan kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dari  teman – teman terdekat kami sehingga kendala-kendala yang  kami hadapi teratasi. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ‘ metode-metode geofisika ‘ . Makalah ini di sajikan berdasarkan rangkuma